PELATIHAN BUDIDAYA/PEMBIBITAN IKAN AIR TAWAR (IKAN LELE) BAGI PEMUDA GAMPONG

Geuceu Kayee Jato (7/12/2021) Pemerintah Gampong Geuceu Kayee Jato mengadakan pelatihan budidaya ikan air tawar. Tujuan diselenggarakan pelatihan pembudiyaan ikan ini untuk meningkatkan ekonomi warga, mencukupi kebutuhan gizi kelurga dan menambah peluang kerja pemuda di gampong Geuceu Kayee Jato. Pelatihan budidaya ikan air tawar dilaksanakan di Gedung Serbaguna Gampong, jumlah peserta pemberdayaan pemula berjumlah 10 orang.

Murhaban selaku Keuchik Gampong dalam sambutannya  mengingatkan pemuda untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahliannya di segala bidang agar dapat terus maju. selain itu Gampong Geuceu Kayee Jato secara geografis memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan pembudidayaan ikan air tawar. Dimana Gampong Geuceu Kayee Jato dilewati oleh aliran sungai Krueng Daroy.  Letak Gampong Geuceu Kayee Jato di daerah kawasan perdagangan dan dekat dengan pasar memberikan nilai tambah dalam meningkatkan perokonomian masyarakat.

kegiatan pelatihan ini di danai dari APBG 2021. pelatihan dilaksanakan selama 3 hari. Peserta di beri pemahaman teori dan praktek lapangan sehingga peserta memiliki kemampuan dalam mengimplementasikannya setelah pelatihan nantinya.

sebagai bukti keseriusan Pemerintah dalam peningkatan ketahanan pangan di Gampong selain menganggarkan kegiatan pelatihan ini, sebagai tindak lanjutnya pemerintah juga menganggarkan penyediaan kolam bioflok pada dana APBG tahun anggaran 2021. Semoga ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemuda.

Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee Provinsi Aceh.