Geuceu Kayee Jato Dinobatkan Sebagai Gampong Sehat Kategori Ceudah

Banda Aceh – Gampong Geuceu Kayee Jato (GKJ) Kecamatan Banda Raya dinobatkan sebagai Gampong Sehat dalam kategori Ceudah pada Selasa, 13 Desember 2022,di Meunasah setempat. Hal tersebut dilaksanakan usai GKJ terpilih dan ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

Kadis Kesehatan, Lukman, dalam kesempatannya melaporkan bahwa gampong sehat sudah terbina sebanyak 18 gampong sejak tahun 2015. Pada tahun 2022, dari 8 gampong yang mengikuti, ada 2 Gampong mendapatkan gelar gampong sehat, yakni Alue Deah Tengoh dan Geuceu Kayee Jato.

Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Jalaluddin, mewakili Pj wali kota, dalam sambutannya mengatakan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat, maka banyak hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Salah satunya mewujudkan gampong sehat.

Ia menjelaskan, gampong sehat mengadopsi konsep desa siaga dari kementerian kesehatan yang dimodifikasi sesuai dengan kondisi gampong di Kota Banda Aceh.

“Sehingga wujud Gampong Sehat yang diharapkan adalah gampong yang masyarakatnya sadar, peduli dan melakukan secara kontinue upaya-upaya preventif kesehatan, gampong yang masyarakatnya peduli lingkungan, gampong yang mempunyai regulasi/kebijakan yang mendukung kesehatan dan gampong yang mempunyai data dan sistem informasi kesehatan,” ujarnya.

Jalal menjelaskan, inovasi itu telah menjadi salah satu kegiatan prioritas capaian yang tertuang dalam RPJM Kota Banda Aceh, dan hal ini bukan kewajiban dinas kesehatan saja tapi telah menjadi tanggungjawab bersama dalam perwujudannya.

“Gampong-gampong terpilih akan menjadi prioritas dari beberapa OPD terkait untuk melakukan pembinaan-pembinaan sehingga terwujud gampong sehat di Kota Banda Aceh,” katanya.

Ia pun berharap kepada keuchik dan tokoh masyarakat setempat agar dapat mendukung kegiatan tersebut dengan mengalokasikan dana gampong (ADG) di bidang kesehatan sesuai dengan kebutuhan gampong.

“Pada hari ini Gampong Geuce Kayee Jato akan dinobatkan sebagai sebagai Gampong Sehat Kota Banda Aceh Tahun 2022 Kategori Ceudah. Saya berharap seluruh masyarakat Gampong Geuce Kayee Jato dapat mempertahankan dan memberdayakan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan lingkungan gampong serta selalu mengembangkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir sejumlah kepala SKPK, camat, kelompok PKK Gampong Geuceu Kayee Jato, dan unsur muspika setempat. Hadir pula anggota DPRK Banda Aceh Irwansyah ST dan Ramza Harli. ®

sumber:

Humas Kota Banda Aceh