GAMPONG GEUCEU KAYEE JATO MELAKSANAKAN FESTIVAL MEMBUAT KUE TRADISIONAL ACEH

Peserta sedang memasak apam

Geuceu Kayee Jato (26/11) Camat Banda Raya Faidian Faisal SSTP MSi, membuka festival membuat kue tradisional Aceh di Gampong Geuceu Kayee Jato, yang dilaksanakan pada sabtu (25/11) di halaman gedung serbaguna Gampong Geuceu Kayee Jato.

Acara ini diikuti oleh 8 kelompok peserta yang berasal dari 5 dusun di Gampong Geuceu Kayee Jato. Adapun tujuan acara tersebut, untuk membangkitkan kembali tradisi budaya turun temurun yang telah ada di Gampong Geuceu Kayee Jato dan juga memperkenalkan kue tradisonal Aceh khususnya kue Apam. karena adanya wabah Covid 19 kegiatan ini tertunda dan baru bisa dilaksanakan pada 25 November 2020 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam sambutannya Camat Banda Raya mengatakan festival ini harus terus dilakukan, sebagai budaya ditengah masyarakat karena mengandung nilai-nilai kebersamaan dan silaturrahmi yang kuat antar warga. dan juga sebagai pengingat bagi generasi muda.  Kegiatan ini bukan hanya dilakukan ditingkat Gampong saja, Camat Banda Raya juga mengatakan akan memasukkan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan even tahunan ditingkat Kecamatan.

Ketua TP-PKK Gampong Geuceu Kayee Jato, Fahriadna SE yang juga selaku ketua panitia mengatakan, even tersebut merupakan salah satu program tahunan TP- PKK Gampong Geuceu Kayee Jato, kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari yang dirangkai dengan memperlombakan teut kue apam.

“teut kue apam ini merupakan adalah budaya/kebiasaan turun temurun di Gampong Geuceu Kayee Jato yang terus dilakukan pada bulan Rajab dalam tahun Hijriah, festival membuat kue tradisional pada tahun ini bertujuan untuk mempersatukan dan mempererat silaturahim di antar warga Gampong. tradisi ini perlu terus dilestarikan dan dikembangkan sehingga generasi muda dapat terus mempertahankan nilai budaya ini,”ungkapnya.

Keuchik Gampong Geuceu Kayee Jato, Murhaban mengatakan Pemerintah Gampong akan terus mendukung dan melestarikan kegiatan-kegiatan adat budaya yang ada di gampong, karena melestarikan adat budaya merupakan salah satu visi misi keuchik.

Kegiatan ini akan terus diupayakan pendanaannya malalui dana Gampong dalam APB Gampong setiap tahunnya, agar kegiatan ini dapat terus terlaksana dengan baik.