Tim Penggerak PKK Gampong Geuceu Kayee Jato Melestarikan Tradisi Bubur Asyura

Geuceu Kayee Jato. (8/9/2019). Mayoritas masyarakat di Aceh dalam menyambut bulan Muharram yang penuh berkah dengan melaksanakan ibadah puasa muharram yang disertai dengan memasak bubur asyura secara bersama-sama untuk dimakan pada saat berbuka.

TP PKK Gampong Geuceu Kayee Jato bersama seluruh warga Gampong Geuceu Kayee jato dalam menyambut bulan muharram menyajikan sajian khusus pada saat berbuka puasa Muharram, yang hanya dimasak pada saat istimewa, yaitu bubur Asyura.

Fahriadna, SE selaku ketua TP PKK Gampong Geuceu Kayee Jato menyatakan pelaksanaan tradisi bubur asyura ini merupakan salah satu upaya untuk terus melestarikan budaya yang telah turun temurun dilakukan di gampong. Pelaksanaan kegiatan ini juga kental dengan nuansa kebersamaan, karena mulai dari memasak hingga disantap, semua dilakukan secara bersama-sama. Bahan untuk membuat bubur asyura ini diberikan secara swadaya oleh warga.

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak A.hamid husin selaku tokoh masyarakat, beliau menyatakan bahwa kegiatan tradisi bubur asyura ini telah dilakukan secara turun temurun, bubur asyura yang telah dimasak dibagikan kepada seluruh warga. Bubur yang dimasak ini dibuat untuk berbuka puasa, dibagikan ke mesjid/meunasah, kepada warga yang melintas di tempat pelaksanaan pembuatan bubur asyura maupun makan bersama di kampung atau bawa pulang ke rumah,” ujar A. Hamid Husin.

Untuk peringatan asyura tahun ini terlihat antusias warga telah ramai berkumpul sejak pagi hari, Mereka berbagi tugas, ada yang memasak, memotong sayur sampai menyiapkan tempat untuk makan. Sambil makan bubur yang dibuat ramai-ramai, terlihat warga sesekali bercanda sehingga suasana keakraban antar warga sangat jelas terlihat.ZLK