Tingkatkan Aktivitas Bina Keluarga Balita, TP-PKK Gampong Geuceu Kayee Jato Gelar Pelatihan Bagi Kader Bina Keluarga Balita

Geuceu kayee Jato (17 Juli 2018). Keluarga mempunyai peranan sangat penting dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak, mengingat keluarga merupakan wahana pertama dan utama bagi kehidupan anak. Potensi yang dimiliki seseorang akan mencapai kondisi optimal apabila mendapat pengasuhan yang tepat sesuai dengan tahapan usianya. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak dilakukan melalui Program Ketahanan Bina Keluarga Balita dan Anak, yang diwadahi dalam kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) Gampong Geuceu Kayee Jato.

Untuk membina kader kelompok BKB pada tanggal 17-18 Juli 2018 TP-PKK Gampong Geuceu Kayee Jato mengadakan Pelatihan Kader Kelompok Bina Keluarga Balita Gampong Geuceu Kayee Jato Tahun 2018. Pelatihan dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna Gampong Geuceu Kayee Jato dan dibuka oleh Camat Banda Raya Kota Banda Aceh Maswani, S.STP. Peserta pelatihan terdiri dari 30 orang yang berasal dari kader BKB, Posyandu dan Kader PKK Gampong Geuceu Kayee Jato.

Camat Banda Raya, Maswani, S.STP dalam Sambutannya menyatakan bahwa TP-PKK di tingkat gampong sebagai induk organisasi di gampong wajib untuk terus meningkatkan keterampilan kadernya sehingga mampu melakukan Pengasuhan dan pembinaan kepada warga masyarakat melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual dan moral. Kader BKB diharapkan harus mampu dan memahami setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kader BKB diharapkan mampu memberikan pendampingan kepada orang tua di gampong dalam menciptakan generasi yang tangguh di gampong.

Keuchik Gampong Geuceu Kayee Jato, Ir. H. rosman Roshe, BME, menyatakan bahwa untuk terus meningkatkan kapasitas kader BKB gampong Geuceu Kayee Jato akan terus mendukung baik dalam bentuk dana dan prasarana yang berasal dari dana desa maupun dari dana lainnya yang ada di gampong, dan kedepan beliau berharap kegiatan semacam ini untuk terus dilakukan karena sangat bermanfaat sekali.

Ketua TP PKK Gampong Geuceu Kayee Jato, Hj. Asrina Dewi dalam sambutannya menjelaskan, para kader yang mengikuti pelatihan ini adalah seluruh kader pilihan yang berasal dari Kader BKB, Posyandu, Guru PAUD Gampong dan Kader dari masing-masing Pokja dalam kepengurusan TP PKK Gampong Geuceu Kayee Jato.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini berasal dari BKKBN Kota Banda Aceh dan Pengurus BKB Kecamatan Banda Raya.